Beranda > KESEHATAN > Gaya Tidur Anda Dapat Memperpanjang Umur Anda

Gaya Tidur Anda Dapat Memperpanjang Umur Anda


Tahukah anda bahwa gaya tidur yang anda lakukan pada saat tidur dapat mempengaruhi kesehatan anda?
hmmm, kalau belum tahu mari biar hendra jelasin,,
seperti yang kita ketahui, tidur merupakan aktifitas untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh dari segala aktifitas, gaya tidur yang baik, ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan anda dan dapat memperpanjang umur anda!! wow ..!! menakjubkan bukan?
sedangkan gaya tidur yang buruk dapat mendatangkan bahaya bagi tubuh anda, dan mendatangkan berbagai masalah pada tubuh seperti rasa nyeri pada punggung, rasa sakit pada leher, dan pegal-pegal.
berikut beberapa macam gaya tidur!!

**tidur miring**
kalau sobat semua suka tidur dalam keaadan miring,, sebaiknya pertimbangkan hal ini untuk menentukan kualitas kesehatan anda, tidur dalm posisi ini ada 2 macam, yaitu : miring ke kiri, dan miring kekanan. jika selama ini anda suka tidur dalam keaadan miring ke kiri sebaiknya anda hentikan, karena tidur dalam keaadan miring kekiri akan mengakibatkan jantung terbebani oleh berat badan anda, disaat yang sama jantung masih dalam keadaan memompa darah. Hal ini menyebabkan jantung untuk bekerja lebih ekstra untuk memompa darah keseluruh tubuh dan menyebabkan jantung kelelahan dan berakibat fatal dalam jangka panjang.
jadi sebaiknya anda tidur dalam keaadaan miring ke arah kanan, karena akan membebaskan jantung dari berat badan tubuh,dan membebaskan paru-paru sebelah kiri dari tekanan tubuh (diketahui paru-paru sebelah kiri lebih kecil dari paru-paru sebelah kanan, hai ini dapat menyebabkan berat badan dapat bertumpu pada paru-paru yang lebih kecil) dan juga membuat kaki kiri untuk berstirahat sejenak, dan juga melancarkan BAB(buang air besar)
posisi tidur yang terbaik adalah dengan cara “tidur bayi” yaitu dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. posisi ini mengurangi tekanan pada punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan seluruh organ-organ tubuh. Gunakan bantal yang keras pada kepala untuk mengurangi tekanan pada pundak, sisipkan bantal diantara kedua kaki agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat dipinggul dan menimbulkan pegal-pegal..

**tidur telentang**

tidur telentang sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, diketahui tidur telentang dapat menghambat proses pernafasan, dikarenakan pada saat kita tidur telentang, lidah akan terjatuh kepangkal tenggorokan dan dan akan mengganggu saluran pernafasan, inilah yang sering membuat seseorang me’ngorok (mendengkur pada saat tidur), orang yang mendengkur pada saat tidur akan kekurangan oksigen, dan pada kasus tertentu, seorang pendengkur yang sudah parah akan berhenti sesaat nafasnya dan akan mengakibatkan seseorang tersebut terbangun dari tidurnya dalam keadaan pusing karena kekurangan oksigen.

**tidur tengkurap**
wahhh,,tidur dengan gaya yang satu ini yang paling banyak pengaruh buruknya buat kesehatan kita. apalagi jika yang melakukan itu seorang wanita yang sedang hamil. ketika kita tidur dalam posisi ini, semua organ akan tertimpa oleh berat badan tubuh, termasuk jantung organ yang sangat vital bagi tubuh,
tidur tengkurap akan membebani paru-paru, sehingga paru-paru akan sulit mendapatkan stok oksigen, dan membuat jantung bekerja ekstra untuk memompa darah agar oksigen tersalur secara merata, seperti dikutip dari detikHealth.com tidur dengan cara tengkurap akan membuat wajah seseorang lebih cepat terlihat keriput, karena wajah kita tertutup oleh bantal dan akan menyebabkan garis-garis pada saat kita bangun, dan jika dilakukan dalam jangka lama i

  1. 5 September 2013 pukul 5:47 pm

    Everything is very open with a very clear description of the challenges.
    It was truly informative. Your site is very helpful. Thank you for sharing!

  2. 10 Juli 2015 pukul 3:41 pm

    terus harus tidur seperti apa yg sehattt …. semua yg di jelasin berdampak negatip jalan kluar ny gada .. aduuh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar